Kamis, 19 Januari 2012

Pengantar Bisnis


Bab VIII
KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG
Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis, konsep nilai waktu dari uang (time value of money) telah mendapat tempat yang demikian penting. Berikut ini adalah beberapa contoh terapan yang terkait dengan konsep nilai waktu dari uang :
-          Tabungan
-          Pinjaman Bank
-          Berbagai jenis kredit seperti kredit perumahan, kredit kendaraan bermotor, dan kredit barang konsumsi lainnya.
-          Asuransi
-          Pemilihan alternatif beli atau sewa (leasing)
-          Penilaian proyek
-          Penilaian saham, obligasi, dan instrumen-instrumen keuangan lainnya.

Konsep nilai waktu dari uang menempati posisi penting dalam keuangan, baik pada aspek keuangan perseorangan, manajemen keuangan perusahaan, penilaian investasi surat-surat berharga, maupun investasi rill seperti pendirian pabrik, pembelian mesin, perluasan usaha, dan sebagainya.

Konsep nilai waktu dari uang menyiratkan terjadinya perbedaan nilai uang yang disebabkan oleh adanya perbedaan waktu. Dalam kaitannya dengan konsep nilai waktu dari uang, terdapat suatu ungkapan sederhana yang menyatakan bahwa, Satu rupiah yang kita terima saat ini lebih berharga dari satu rupiah yang akan kita terima pada satu tahun yang akan datang”.


v  NILAI YANG AKAN DATANG (FUTURE VALUE)

Nilai yang akan datang akan menunjukkan besarnya nilai uang yang ada saat ini bila diproyeksikan ke masa mendatang. Nilai uang di masa mendatang dapat berbeda dengan nilai uang di saat ini oleh karena beberapa hal.

·         Periode Ganda (Multiple Period) Sebagai Dasar Perhitungan Bunga Majemuk

Bunga Majemuk yang sering juga disebut dengan bunga berbunga akan memberikan gambaran bahwa bunga dari suatu pokok pinjaman juga akan mendapatkan bunga pada periode selanjutnya. Apabila besarnya tingkat bunga pertahun diketahui, dapat dihitung nilai terminal (nilai akhir) uang setelah beberapa periode.

v  NILAI SEKARANG (PRESENT VALUE)

Pada prinsipnya konsep nilai sekarang adalah kebalikan dari konsep nilai yang akan datang. Konsep ini menyatakan besarnya nilai saat ini untuk uang yang kita terima atau kita bayar di masa yang akan datang.


v  NILAI MASA DATANG DAN NILAI SEKARANG

Faktor bunga nilai sekarang PVIF(r,n)’ yaitu persamaan untuk diskonto dalam mencari nilai sekarang, merupakan kebalikan dari faktor bunga nilai masa depan. FVIF(r,n)’ untuk kombinasi r dan n yang sama.


v  ANUITAS (ANNUITY)

Anuitas adalah serangkaian pembayaran dalam jumlah yang tetap untuk suatu jangka waktu tertentu. Bila pembayaran dilakukan pada akhir periode disebut anuitas biasa dan anuitas dengan pembayaran tertunda (deffered payment annuity). Dalam hal ini, pembayaran yang dilakukan di awal tiap periode disebut anuitas terhutang (annuitty due).

Sumber : Fuad, M. 2000. Pengantar Bisnis.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar